Cara Mendapatkan Keyword Tertarget Dengan Google Suggest - Salah satu cara untuk memperoleh keyword tertarget selain dengan menggunakan Article Submission dan Social Bookmark adalah dengan memanfaatkan fitur yang telah disediakan oleh google. Salah satu diantaranya adalah google suggest.
Ketika kita memasukkan sebuah kata kunci kedalam kotak serp google, maka akan muncul berbagai macam pilihan yang ditawarkan oleh Google. Nah, pilihan inilah yang disebut sebagai Google Suggest.
Contohnya, ketika Saya memasukkan keyword “Cara Membuat Bakso”, maka Google akan memunculkan Google Suggest seperti dibawah ini.
Nah, Google suggest itu dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah Google suggest yang bertempat didalam kotak serp, sedangkan yang kedua adalah Google Suggest yang terletak pada kolom serp bagian bawah.
Ok, mari kita melakukan riset untuk mendapatkan keyword dengan memanfaatkan Google Suggest. Saya akan mencari Long Tile Keyword (Keyword Panjang) dari keyword “Cara Membuat Bakso”. Ini Saya lakukan untuk meminimalisir competitor.
1. Ketik di kolom serp “Cara Membuat Bakso”, maka akan muncul Google Suggest.
2. Lakukan Riset satu persatu Google Suggest tersebut dengan membandingkan jumlah competitor antar suggest. Maka hasilnya akan ditemukan ;
- Cara membuat bakso ada 530.000 kompetitor
- Cara membuat bakso sapi ada 477.000 kompetitor
- Cara membuat bakso ikan ada 516.000 kompetitor
- Cara membuat bakso tahu ada 257.000 kompetitor
Nah, dari data diatas dapat kita lihat bahwa keyword “Cara membuat bakso tahu” memiliki pesaing yang yang paling rendah jika dibandingkan dengan keyword lain. Ini berarti keyword tersebut memiliki jumlah competitor yang lebih sedikit.
3. Jika Sobat ingin memperoleh Long Tile Keyword yang lebih detail lagi, silahkan melakukan turunan keyword. Seperti contoh diatas adalah “Cara Membuat Bakso Tahu”, maka akan diperoleh Google Suggest,
Lakukan kembali riset pebandingan dengan melihat jumlah competitor dari setiap Google Suggest Jika Sobat ingin mendapatkan data yang lebih detail dan valid lagi. Pilih yang memiliki competitor rendah.